Tutorial untuk kali ini saya akan memberikan sedikit trik dasar khususnya sich buat para fotografer pemula yang ingin memoles modelnya dengan Photoshop biar lebih kinclong. Teknik yang saya maksud kerennya dikenal dengan istilah Beauty Retouching. Hasil dari Beauty Retouching ini, akan mengoptimalkan contrast pada foto, memperhalus wajah, dan memberikan efek glamour. Dalam melakukan Beauty Retouching ada 4 tahap yang harus kita kerjakan, antara lain:
  • Tone Correction; Dalam tahap Tone Correction kita akan mengoptimalkan tonal, kontras, dan warna.
  • Image Correction; Image Correction dilakukan untuk menghilangkan bercak pada wajah.
  • Diffuse Effect; Diffuse  Effect akan memberikan kesan  lembut  pada foto dan meningkatkan kontras pada bagian-bagian tertentu.
  • Painting With Light; Dengan Painting With Light kita akan mengoptimalkan volume wajah terhadap cahaya gelap dan terang.
Oke, untuk lebih jelasnya kayaknya kita harus langsung mencobanya dengan satu kasus. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan foto sebagai berikut:

Buka foto tersebut dalam Photoshop (Ctrl+O). Pertama kita akan melakukan koreksi tonal dengan menggunakan fungsi Levels dan  Curves. Klik icon Adjustment Layer dan pilih Levels.

Pada kotak dialog Levels, pada pilihan Levels saya hanya akan menaikan 1 tingkatan Levels dengan memilih Increase Contrast 1. Ini akan memberikan kontras yang lebih pada foto.

Perhatikan perubahan kontrasnya.

Kemudian saya akan menaikan lagi kontrasnya dengan fungsi Curves.  Klik icon Adjustment Layer dan pilih Curves.

Pada kotak dialog Curves, pada pilihan Curves saya memilih Linear Contrast (RGB). Ini akan memberikan kontras yang lebih lagi pada foto.

Perhatikan lagi perubahan kontrasnya.

Well, tahap pertama (Tone Correction) sudah selesai kita lakukan. Selanjutnya kita akan melakukan tahap berikutnya yaitu Image Correction. Namun, sebelumnya gabungkan dulu semua layer tanpa menghilangkan original image. Caranya,  tekan tombol Alt+Ctrl+Shift+E pada keyboard secara bersamaan. Nah, sekarang coba perhatikan pada bagian wajah. Terlihat ada bercak noda pada wajah. Dan kita harus menghilangkannya. Sebenarnya ada banyak tool & teknik yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bercak pada wajah. Tapi kali ini saya hanya akan menggunakan Patch Tool (J).

Klik Patch Tool (J). Cara penggunaannya, buatlah seleksi pada bagian bercak. Geser seleksi tersebut kebagian kulit yang tanpa bercak.

Lakukan lagi pada bercak-bercak yang lainnya hingga semua bercak pada wajah menjadi hilang.

Okey ! tahap kedua sudah selesai. Gabungkan semua layer tanpa menghilangkan original image. Caranya,  tekan tombol Alt+Ctrl+Shft+E pada keyboard secara bersamaan. Selanjutnya kita akan memberikan efek diffuse dengan menggunakan fungsi Gaussian Blur. Klik menu Filter>Blur>Gaussian Blur. Pada kotak Gaussian Blur, berikan nilai radius sebesar 20 pixel, dan klik Ok.

Pada Layer, kurangi nilai opacitynya menjadi 50%.

Untuk membatasi bagian yang soft, buat layer mask dan sapukan brush pada bagian mata, alis, mulut dan rambut agar pada bagian  ini detailnya tetap terjaga. Caranya, klik icon Add Vector Mask sehingga tercipta Layer Mask Thumbnail.

Tekan tombol “D” pada keyboard untuk membuat Set Foreground Color menjadi warna hitam dan Set  Background Color menjadi warna putih. Klik Brush tool (B), kurangi opacity dan flownya masing-masing menjadi 50% dan sapukan pada bagian mata, alis, mulut, dan rambut. Gunakanlah brush dengan hardness 0% atau Brush yang bersisi lembut.

Khusus pada bagian mata, alis, mulut, dan rambut kita akan menaikan lagi tingkat kontrasnya dengan fungsi Levels. Karena bagian mata, alis, mulut dan rambut merupakan bagian terpenting yang harus tetap terjaga detailnya. Caranya, klik icon Adjustment Layer dan pilih  Levels.

Pada kotak dialog Levels, pada bagian Levels saya memilih Darker. Untuk menaikan tingkat kontrasnya.

Kemudian pastikan Set Foreground Color masih berwarna hitam. Dan pastikan juga kotak Layer Mask Thumbnail dalam keadaan terpilih. Klik Brush Tool (B) dan sapukan brush keseluruh bagian wajah kecuali mata, alis, mulut dan rambut.

Nice ! Sabar yach tinggal 1  tahap lagi nich yaitu Painting with Light. Pada tahap ini, kita hanya akan menyapukan Brush Tool (B) yang berwarna putih dan hitam ke bagian-bagian tertentu pada wajah. Tujuannya untuk mengoptimalkan cahaya gelap dan terang. Caranya, pertama buatlah layer baru dengan mengklik perpaduan tombol Ctrl+Shift+N, pilih Mode  Overlay dan beri  nama Painting With Light.

Klik Brush Tool (B) dan sapukan brush  yang berwarna hitam kebagian yang lebih gelap terutama pada bagian rambut, alis, bibir, dan bulu mata. Pada bagian bulu mata, lakukan seperti seorang wanita saat memberikan eyes shadow pada bulu matanya.  Dan sapukan juga brush dengan warna putih ke bagian wajah yang lebih terang seperti pipi, hidung, dahi dan bagian leher. Gunakanlah brush yang bersisi lembut dengan diameter brush yang relatif besar . Dan gunakan saja opacity yang relatif rendah kira-kira 25%. Hingga hasil akhirnya seperti ini.

Huft..cape juga yach. Tapi udah terlihat lebih kinclong bukan? Oh iya, kalau ada yang kurang jelas boleh ditanyakan...Goodluck !

0 Comments:

Post a Comment



Devil