Membuat Photoshop Action
Action adalah salah satu dari sekian banyak fitur Photoshop yang memungkinkan kita untuk menerapkan efek pada foto dengan sekejap.Fitur ini akan sangat membantu apabila sobat sering menerapkan efek yang sama pada foto tanpa harus mengulang-ulang perintah secara manual yang terlalu banyak memakan waktu.

Action dibuat dengan menggunakan Action Tool yang bisa diakses dengan perintah Alt+F9 atau dengan mencentang sub-menu Action pada menu Windows.Cara kerja dari tool ini adalah merekam segala perintah yang sobat terapkan pada foto dimulai saat tombol Play aktif hingga tombol Stop ditekan kemudian menyimpan hasil rekaman dalam bentuk file agar dapat di load kembali.
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan dengan singkat bagaimana bekerja dengan fitur ini mulai dari membuat hingga meload Action untuk menerapkan efek yang sama pada foto lain.

Membuat Photoshop Action
Step 1
Untuk memulai membuat Action pada Photoshop, langkah pertama yang harus dipenuhi adalah mengaktifkan jendela Action Tool.Klik menu Windows > pilih Action, maka akan muncul jendela Action Tool.

Selanjutnya, buka foto yang ingin dijadikan bahan eksperimen pembuatan Action.

Step 2
Buat folder baru pada tab Action, kemudian klik icon New untuk mulai membuat Action.Beri nama Action yang akan dibuat terserah sobat, kemudian klik Record


Step 3
Setelah sobat menekan Record(Step 2), ini berarti tombol Play sudah aktif.Artinya, segala perintah yang sobat terapkan akan terekam pada Action Tool, saatnya beraksi !!!
Di sini, saya menambahkan beberapa layer berikut untuk efek instagram pada Action saya




Step 4
Setelah selesai dan sobat ingin mengakhiri perintah-perintah untuk Action yang sobat buat sendiri, tinggal klik tombol Stop kemudian Save Action sobat.Selesai

Menerapkan Action Pada Foto
Bagaimana untuk me-load Action pada foto lain???Gampang, sobat tinggal membuka foto yang ingin diberi tambahan efek dengan Action.Klik tab Action kemudian klik Load Action, pilih Action yang ingin diterapkan pada foto.Tekan tombol Play dan tunggu hingga selesai.
Membuka Action Pada Photoshop

Berhasil :D, efek telah diterapkan pada foto secara otomatis dalam hitungan detik.

0 Comments:

Post a Comment



Devil